Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

02 February 2016

Renungan Hari Kamis 4 Februari 2016

Renungan Hari Kamis 4 Februari 2016, Diutus dan Pasrah, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 4 Februari 2016


Diutus dan Pasrah


    Injil hari ini mengisahkan tentang para murid yang diutus berdua-dua untuk mewartakan pertobatan. mereka dilarang membawa bekal apa pun, termasuk makanan. Hanya tongkatlah yang boleh mereka bawa dalam perjalanan dan perutusan mereka berdua-dua itu.

    Ketika merenungkan bacaan Injil hari ini, saya teringat akan pengalaman bersama teman frater yang lain beberapa tahun yang lalu. Ketika itu ada sebuah pembinaan yang disebut peregrinasi. Apa itu peregrinasi? Peregrinasi adalah sebuah perjalanan (dengan berjalan kaki) dengan menempuh jarak yang cukup jauh, tanpa membawa bekal apa pun, kecuali baju yang menempel di badan dan sebuah amplop misterius yang hanya bisa dibuka ketika kita berada dalam bahaya yang menyangkut nyawa. Ketika itu, kami diutus berdua-dua, sama seperti dalam Injil hari ini. Tak ada uang sepeser pun di kantong kami.

    Perjalanan kami jauhnya bersikas antara 70-95 KM kala itu, lama perjalanan dua hari. Kebetulan ketika itu saya mendapat rute perjalanan yang jaraknya tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 75 Km. Perjalanan kami (berdua) adalah dari kota Pematangsiantar ke Parapat. Dalam perjalanan itu, kami hanya berjalan dengan rasa pasrah. Saya berpikir bahwa tidak akan ada orang yang mau memberi kami makanan dan minuman, karena kami bukanlah orang yang dikenal. Tapi ternyata dugaan saya salah besar. Tuhan, lewat tangan orang-orang yang tidak saya kenal, mencukupkan saya. ternyata bukannya kami kelaparan, tapi malah merasa berlebih.

    Dalam perjanan itu, tak ada rasa lapar, tak ada rasa sakit, yang ada adalah senyum dan rasa syukur yang mendalam. Sungguh Tuhan baik, Dia baik bagiku. Dia tahu apa yang saya, dan juga anda perlukan. Ketika kita diutus, Dia sendiri yang akan menjamin kita.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon