19 February 2016

Renungan Hari Minggu 21 Februari 2016


Renungan Hari Minggu 21 Februari 2016, Kekuatan doa, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 21 Februari 2016


Kekuatan doa


    Umat Kristen di dunia Timur adalah yang pertama-tama merayakan perayaan Yesus dimuliakan di atas bukit. Perayaan liturgis ini kemudian diperkenalkan di dunia Barat pada abad ke-12 oleh seorang pemimpin biara Cluny. Inti dari kisah transfigurasi ini mengungkapkan siapa sebenarnya Yesus dan yang membimbing kita untuk ikut serta dalam misteri kehidupan-Nya. Injil Lukas menekankan kedekatan hubungan kasih Yesus dengan Bapa-Nya. Hubungan kasih tersebut selalu Ia bangun dan perbuat selama kisah hidup-Nya sejak semula hingga detik-detik penyaliban-Nya.

    Melalui peristiwa pemuliaan ini, Yesus menunjukkan bahwa cahaya Allah tinggal dalam diri-Nya: Dia ingin kita memahami bahwa Dia ingin membagikan cahaya tersebut. Bukan hanya kemanusiaan Yesus yang dapat diubahkan, namun kemanusiaan kita juga. Cahaya itu selalu menaungi kita berkat penyertaan Roh Kudus, yang Ia utus untuk membimbing kita. Roh Kudus juga yang mengarahkan kita untuk selalu dekat dengan Allah, sama seperti kedekatan Yesus dengan Bapa-Nya.

    Dalam bimbingan Roh Kudus, kedekatan itu pertama-tama hadir lewat doa dalam kesatuan dengan Allah. Pertama-tama, berdoa adalah mendengarkan suara Allah, seperti dalam Injil hari ini, Bapa sendiri yang mengatakan kepada Yesus. Pa aMinggu Prapaskah II ini, doa merupakan kekuatan luar biasa untuk menaklukkan kekuatan jahat. akhirnya, jika kita menang atas segala pencobaan itu, Kristus "akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya." (Flp 3:21).


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon