Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

04 February 2016

Renungan Hari Sabtu 6 Februari 2016

Renungan Hari Sabtu 6 Februari 2016, PAS: Peduli akan Sesama, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Sabtu 6 Februari 2016


PAS: Peduli akan Sesama


    Paulus Miki adalah imam Jesuit yang pandai berkhotbah. Ia adalah martir yang berasal dari Jepang. Pada tahun 1588, penguasa Jepang memerintahkan agar para misionaris yang berkarya di Jepang segera meninggalkan negeri itu. mereka yang tidak mematuhi perintah itu akan dibunuh. Bersama dengan dua orang guru agama yaitu Yohanes goto dan Yakobus Kisai. Kepada penguasa yang menyiksa mereka, Paulus Miki menuliskan surat "Apakah dengan penyiksaan ini kalian sanggup merampas harta dan kemuliaan yang telah diberikan Tuhan pada kami? Seyogyanya kamu harus bergembira dan mengucao syukur atas kemuliaan yang telah diberikan Tuhan pada kami". Paulus Miki disiksa dengan cara disalib dan ditikam lambugnya dengan tombak hingga mati. Ketika disalib ia terus berkhotbah guna meneguhkan iman kawan-kawannya.

    Injil hari ini mau menggambarkan mengenai belas kasih Allah kepada umat-Nya. Orang banyak yang menerima pengajaran Yesus menjadi percaya dan mengikuti-Nya. belas kasih Allah itu ditunjukkan dengan memperhatikan setiap orang yang percaya kepada-Nya. Yesus melihat bahwa orang-orang banyak yang mengikuti-Nya seperti domba yang tidak mempunyai gembala (Luk 6:34). Belas kasih Allah itu dialami oleh orang-orang Israel ketika meminta makanan dari Allah. Melalui Musa, Allah bertindak dan memberikan Kasih-Nya kepada Israel dengan memberikan makanan (Bil 13:23).

    Saudara-saudari yang terkasih, melalui Injil hari ini Yesus mengajarkan kepada kita untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama. Sikap ini dapat kita tunjukkan dengan cara saling menyapa dalam kasih, membantu orang yang kesusahan dan peduli akan lingkungan. Semua itu dapat kita lakukan dalam setiap tugas dan pekerjaan yang kita lakukan baik di keluarga, masyarakat dan dimanapun kita berada.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon