28 February 2016

Renungan Hari Selasa 1 Maret 2016

Renungan Hari Selasa 1 Maret 2016, Mari saling memaafkan, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Selasa 1 Maret 2016


Mari saling memaafkan


    Setiap orang mungkin pernah merasa dikecewakan atau kurang dihargai. Perasaan kecewa atau perasaan kurang dihargai, dapat mengakbatkan sakit hai dan jika tidak diolah dan didamaikan bisa menjadi kebencian yang mengganggu relasi kita dengan orang lain. Dalam pengolahan untuk mendamaikan perasaan sakit hati ini, orang harus mau membuka hati dan mengadakan rekonsiliasi atau pengampunan dengan orang yang telah menyakitinya.

    Persoalannya adalah tidaklah mudah bagi setiap orang yang pernah disakiti untuk membuka hati dan memberikan pengampunanatau berekonsiliasi terhadap orang yang pernah menyakitinya. Jangankan mengampuni, untuk mau berjumpa dengan orang yang pernah menyakiti hati saja sangat sulit. Kesulitan inilah yang sering menjadi permasalahan mengapa ada orang yang tidak bisa hidup rukun dengan sesamanya.

`    Saudara-saudari terkasih, meskipun tindakan mengampuni bukanlah tindakan yang mudah dilakukan, namun bacaan Injil hari ini mengajak kita untuk mengampuni orang yang pernah menyakiti hati kita. Bahkan kita diajak untuk mengampuni orang yang menyakiti hati kita tanpa batas. Tidak perduli berapa kali orang menyakiti, kita harus selalu membuka hati dan memberikan pengampunan. Itulah makna perkataan Yesus kepada Petrus dalam bacaan Injil hari ini, "Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh tujuh kali".

    Mari pada masa Prapaskah dan secara khusus pada tahun Kerahiman Ilahi ini, kita membuka hati kita. Berikanlah maaf, ampunan kepada orang-orang yang pernah menyakiti kita, supaya relasi kita dengan sesama semakin baik dan hidup kita sebagai pengikut Kristus semakin bermakna. Tuhan memberkati.


1 komentar so far

berikanlah daku hati yang mengampuni Tuhan...walau terasa berat namun mampukan hamba dapat melakukannya, Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon