14 February 2016

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2016

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2016, Doa dan Pengampunan, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Selasa 16 Februari 2016


Doa dan Pengampunan


    "Gajah di pelupuk mata tak keliahatan tetapi kuman diseberang lautan kelihatan". Peribahasa tersebut datap diartikan demikian, kesalahan sendiri sebesar apapun tidak mampu diakui, tetapi kesalahan orang lain sekecil apapun terus diungkit-ungkit. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari, kita sering bersifa demikian dan terkadang sulit untuk dapat memaafkan kesalahan orang lain, sekecil apapun kesalahan yang telah dilakukannya.

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, pada Injil hari ini Yesus mengajarkan bagaimana seharusnya cara kita berdoa dan penerapannya dalam kehidupan, yaitu dalam hal pengampunan. Yesus mengajarkan kepada kita doa Bapa Kami, sebagai bentuk doa yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengampunan menjadi suatu hal atau catatan yang ditekankan oleh Yesus, selain dengan melakukan doa. "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, tentu saja dalam berdoa, kita meminta sesuatu dari Tuhan dan tentu saja permintaan kita adalah segala sesuatu yang baik. Berdoa memohon suatu berkat dari Tuhan, tidaklah cukup tanpa adanya tindakan nyata yang dapat kita lakukan. Yesus rela hadir ke dunia demi menebus dosa manusia dan tentu saja Yesus mau mengampuni semua orang berdosa. Yesus  menjadi teladan dalam kehidupan kita. Rela atau mau mengampuni sesama menjadi suatu tindakan nyata yang diajarkan oleh Yesus sebagai bentuk cinta kasih terhadap manusia. Maukah kita mengampuni sesama dalam kehidupan masing-masing? Dan sudahkah kita berdoa seperti yang diajarkan Oleh Yesus? Mari kita bermenung bersama.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon