09 March 2016

Renungan Hari Jumat 11 Maret 2016

Renungan Hari Jumat 11 Maret 2016, Akibat ketidakpercayaan, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Jumat 11 Maret 2016


Akibat ketidakpercayaan


    Hidup manusia sangatlah berharga, dan hidup matinya manusia ada ditangan Tuhan. Oleh sebab itu kita dilarang untuk membunuh sesama manusia. Namun kita bisa lihat sejarah hidup manusia, berapa banyak nyaea melayang ditangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Orang-orang yang tidak menghargai bahwa hidup adalah anugerah Tuhan. lalu kenapa orang bisa membunuh sesamanya? Banyak motif yang terjadi; iri hati, dendam, untuk mendapatkan hartanya atau mungkin membela diri.

    Injil hari ini berbicara tentang orang-orang Yahudi yang ingin membunuh Yesus dan juga berbicara tentang identitas Yesus. Orang-orang Yahudi ingin membunuh Yesus. Mengapa? Semasa hidup-Nya Yesus berbuat baik dan jejak-jejak kebaikanlah yang Ia tinggalkan, tetapi mengapa orang Yahudi ingin membunuh Yesus. Mereka tidak memahami siapa Yesus. Yesus mengakui diri berasal dari Allah dan diutus Allah untuk masuk ke dunia ini. Akan tetapi orang Yahudi tidak melihat hal itu. Mereka tidak menangkap keMesiasan Yesus. Mata hati mereka tertutup sehingga tidak bisa melihat bahwa Yesus adalah Mesias. Kecongkakan, pemahaman iman yang sempit ini membuat mereka ingin membunuh Yesus.

    Dalam kehidupan sehari-hari kita juga bisa melihat, bagaimana orang-orang yang tanpa dosa dibunuh karena pemahaman iman yang sempit; membunuh dan merusak atas nama agama ataupun kepercayaan. Lewat Injil hari ini, mari kita membuka hati kepada Allah agar kita mampu memahami rencana-rencana-Nya dalam kehidupan kita. Caranya ialah mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan demikian kita tidak akan ragu untuk beriman dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Yesus adalah Allah yang akan menyelamatkan umat manusia. Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon