Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

25 March 2016

Renungan Hari Minggu 27 Maret 2016

Renungan Hari Minggu 27 Maret 2016, Keyakinan Kasih, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 27 Maret 2016


Keyakinan Kasih


    Hari ini merupakan puncak "Perayaan misteri Kristen". Pewartaan Kabar Gembira pada Hari Raya Paskah ini adalah jawaban dari segala dasar pertanyaan pergulatan hidup iman kita. Malalui hal ini, kita diharapkan mengalami dan memberitakan kesaksian setiap saat dalam hidup kita.

    Pada Malam Paskah yang baru saja kita rayakan, Gereja semesta memuji Allah karena karya Allah yang sungguh indah, yaitu penebusan umat manusia dan alam semesta. Keindahan itu berkat keotentikan (keaslian) penebusan pada saat kepenuhan waktu melalui kurban Paskah Yesus Kristus. Karena itu, kurban Paskah Krsitus menebus umat manusia dengan cara yang unik, sempurna dan membuka persekutuan dengan Allah. Namun, peristiwa penyelamatan itu ternyatatidak mudah juga untuk dipahami. Hal itu ditampakkan dalam Yoh 20:3, ".. kami tidak tahu di mana Ia diletakkan". Petrus dan Yohanes merasakan kegelisahan ini, dan berlari mencari kepastian tentang maksud dari tanda atau ucapan itu.

    Pada Gereja saat ini, watak/sifat kita juga kerap kali sama seperti para tokoh dalam Injil. Ada yang seperti Maria, penuh perasaan; seperti Yohanes yang cepat mengerti dengan nalurinya, seperti kelambanan Petrus dalam menanggapi tanda-tanda Krsitus yang bangkit. Tetapi semuanya dan masing-masing menunjukkan usaha dan kecenmasan mencari tanda kebangkitan Yesus. Kebangkitan inilah yang menjadi keyakinan kasih, dan harapan. Oleh sebab itu, pada setiap perayaan Ekaristi bukan terutama karena peraturan kita merayakannya, melainkan karena keyakinan tersebut. Marilah kita wartakan kepenuhan sukacita ini kepada setiap orang.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon