Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

04 March 2016

Renungan Hari Minggu 6 Maret 2016

Renungan Hari Minggu 6 Maret 2016, Bapa yang penuh belas kasih, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 6 Maret 2016


Bapa yang penuh belas kasih


    Suatu pagi di depan gereja sebelum perayaan Ekaristi dimulai, datanglah seorang bapa muda dengan anaknya. Tiba-tiba dia bicara, 'Romo, ini anakku nakal'. 'Hah..', reaksiku seketika, 'Ndak ach, dia anak yang ganteng dan baik koq, ya kan Gung', sapaku padanya, Agung namanya. Dia tersenyum dan tersipu mendengar pujiku padanya. Betapa mudahnya melihat sisi yang kurang daripada sisi yang lebih dalam diri orang.

    Seperti halnya Injil hari ini yang dikenal dengan 'Perumpamaan Anak Yang Hilang', mengapa bukan "Bapa yang penuh belas kasih?' Yesus sedang mengajak kita untuk bercermin dan melihat diri kita dengan jujur, seperti apakah wajah kita sesungguhnya! Tak jarang kita seperti anak yang hilang. Tidak kerasan tinggal dalam buaian kedamaian bersama dengan Bapa yang penuh belas kasih. Segala-galanya tersedia dan hidup sungguh sangat indah.

    Kita sering tidak puas dengan anugerah yang kita terima setiap hari dan lepas dari rangkulan Allah yang kuat. Daya kekuatan kita sangat terbatas dan lambat laun akan mengering. Kesenangan yang kita ciptakan juga menjadi semu dan tak bermakna bagi damai sejahtera yang kita rindukan . Hidup menjadi hampa karena jauh dari Tuhan. Dia sedih tatkala kita meninggalkan Dia. Namun dalam kesedihan-Nya, Dia selalu berharap dan berusaha agar kita sadar dan kembali kapada-Nya. pelukan hangat kasih-Nya akan kita rasakan kalau kita datang kepada-Nya.

    Masa Prapaskah ini adalah saatnya bagi kita semua untuk hening sejenak dan bercermin akan wajah kita yang sering pergi menjauhdari Allah. Tetapi jangan lupa, Allah adalah Bapa yang penuh belas kasih yang sedang menunggu kedatangan kita dengan semangat baru. Semangat rendah hati seperti anak yang hilang, mau mengakui kelalaian kita dan menyerahkan diri pada kasih Allah yang menyelamatlkan. semoga rahmat tuhan melimpah bagi kita semua.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon