28 March 2016

Renungan Hari Rabu 30 Maret 2016

Renungan Hari Rabu 30 Maret 2016, Sadar dan Percaya, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Rabu 30 Maret 2016


Sadar dan Percaya


    Kita tentu pernah mengalami peristiwa kehilangan atau ditinggalkan oleh orang yang disayangi, baik itu ditinggal pergi atau meninggal dan tak pernah kembali. Peristiwa kehilangan atau ditinggalkan merupakan suatu peristiwa yang sungguh menyedihkan bahkan melemahkan semangat hidup kita. Mungkin secara sadar atau tidak, kita pernah berkata: "Saya sendiri memang belum siap untuk menerima kenyataan ini. Saya merasa kecewa terhadap Tuhan. Tuhan tidak adil".

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, dalam Injil hari ini menceritakan bahwa dua murid Yesus kembali ke Emaus kampung halaman mereka dengan perasaan sedih dan kecewa, karena Yesus yang menjadi andalan mereka telah wafat di salib. mereka sungguh kecewa dan frustasi karena mereka mengharapkan bahwa Yesus menjadi seorang Raja. Ternyata harapan mereka menjadi sirna karena kematian Yesus. Dalam pendangan mereka, Yesus gagal menjadi Raja. Rasa kecewa justru menjadi topik pembicaraan mereka dalam perjalanan ke Emaus dan Yesus datang menyertai mereka sebagai orang asing. Mereka menjadi sadar dan mengenal-Nya ketika Yesus menjelaskan seluruh isi Kitab Suci mengenai diri-Nya dan ketika Ia memecahkan roti dan membagikannya kepada mereka.

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, Yesus tetap hadir dan menyertai kita ketika kita mendengarkan firman-Nya dengan penuh iman dan hati pun menjadi berkobar. Dalam Perayaan Ekaristi, Yesus mengundang kita untuk makan bersama dan menimba kekuatan rohani yang kita terima dalam rupa hosti kudus. Apakah kita mampu secara sadar dan percaya menerima kehadiran Yesus dalam hidup sehari-hari dan juga dalam perayaan Ekaristi?


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon