Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

03 March 2016

Renungan Hari Sabtu 5 Maret 2016

Renungan Hari Sabtu 5 Maret 2016, Merendahkan diri, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Sabtu 5 Maret 2016


Merendahkan diri


    Injil hari ini adalah Injil yang menceritakan sebuah perumpamaan yang dikatakan oleh Yesus. Perumpaamaan ini adalah mengenai sikap dan disposisi diri orang Farisi dan pemungut cukai di hadapan Allah. Dalam konteks jaman Yesus, orang Farisi dan pemungut cukai adalah golongan orang yang penilaiannya bertolak belakang. Yang satu amat dipuji, dan yang satu lagi amat dibenci dan dicaci.

    Orang Farisi adalah orabng yang sangat dipuji. Mereka dianggap, secara lahiriah, sebagai orang yang baik dan taat akan hukum Taurat. Mereka sangat dihormati. Keadaan dan pandangan yang berbeda 180 derajat dialami oleh pemungut cukai. Pemungut cukai dianggap sebagai penjahat oleh bangsa Israel. Mereka menarik pajak dari rekan sebangsanya. Mereka secara terbuka, dibenci dan dicaci oleh orang Israel. Itulah sekilas gambaran tentang dua golongan yang dikisahkan dalam bacaan Injil hari ini.

    "Pemungut cukai jahat, dan orang Farisi itu baik" adalah kata yang tepat untuk menggambarkan anggapan orang Israel. Namun Yesus tidak mau jatuh dalam anggapan yang tidak seutuhnya benar itu.

    Yesus lewat bacaan Injil hari ini, mau memperlihatkan kepada kita semua bahwa manusia harusnya tidak meninggikan diri di hadapan Tuhan, seperti yang dilakukan oleh orang Farisi tadi, karena manusia itu lemah dan tidak berdaya. Yang merendahkan diri di hadapan Tuhan, itulah yang akan ditinggikan. Beranikah kita untuk merendahkan dan menghampakan diri di hadapan Tuhan? Lalu membiarkan Tuhan bertindak atas diri kita.



BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon