12 March 2016

Renungan Hari Senin 14 Maret 2016

Renungan Hari Senin 14 Maret 2016, Bertobatlah jika tidak ingin mati, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Senin 14 Maret 2016


Bertobatlah jika tidak ingin mati


    Mungkin dalam keluarga, kita perbah diperingatkan oleh orang tua, suami, istri, anak atau sanak keluarga untuk tidak melakukan ini atau itu karena dia merasa akan terjadi sesuatu dengan dirinya. Saya rasa hal itu dikatakan karena rasa cinta yang tumbuh dalam keluarga tersebut. Satu sama lain tidak ingin jika salah satu anggot keluarganya mengalami bahaya atau celaka. Lalu karena ketidakpercayaan, kita melanggar peringatan yang disampaikan kepada kita sehingga terjadilah sesuatu yang menimpa kita. Saat itulah kita sadar bahwa yang dikatakan atau diperingatkan kepadany benar adanya. Hal demikian kurang lebih hampir sama dengan yang dialami orang Israel. Banyak dari mereka yang mati digigit ular tedung akibat ketidakpercayaan mereka kepada Allah. Mereka menyadari diri berdosa dan Allah mengampuni sehingga ular itu pergi dari orang-orang Israel.

    Yesus dalam Injil hari ini menyatakan jatidiri-Nya kepada orang banyak. Dia menyatakan bahwa diri-Nya berasal dari atas, bukan dari dunia ini. Dia juga berkisah tentang Bapa yang mengutus-Nya. Dia mengatakan barangsiapa yang tidak percaya kepada-Nya maka akan mati dalam dosa. Mengapa? Karena kehidupan dan keselamatan hanya akan diterima oleh mereka yang bersatu dengan Yesus. Maka, sangatlah jelas Sabda Yesus, orang yang berdosa tidak mungkin dapat menuju surga, tempat kehiduapn sejati dan sempurna bersama Allah. Oleh karena itu kita perlu percaya dan bertobat agar dapat masuk surga. Dosa menjadi penghalang, jika sampai akhir hidup kita tetap berdosa, maka kita akan mati dalam dosa-dosa itu.

    Dalam kehidupan sehari-hari, sejauh mana kita percaya kepad Yesus bahwa Dialah sumber kehiddupan dan keselamatan yang akan membawa kita orang-orang yang percaya kepada kehidupan kekal. Sanggupkan kita bertahan dalam iman akan Yesus Kristus dan melepaskan semua dosa-dosa? Selamat bermenung dan berbuat.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon