15 April 2016

Renungan Hari Minggu 17 April 2016

Renungan Hari Minggu 17 April 2016, Akulah Gembala yang Baik, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 17 April 2016


Akulah Gembala yang Baik


    Minggu ini oleh Gereja dipersembahkan sebagai Hari Minggu Panggilan. Kita semua dipanggil untuk berdoa secara khusus agar Tuhan mengirim pekerja di kebun anggur-Nya yang semakin subur. Siapakah pekerja itu?Mereka adalah paraimam. Selain jumlah para imam, perlu dipikirkan kualitas para imam sangat menentukan pembaruan Gereja yang ditekankan oleh Konsili Vatikan II. Gereja sangat membutuhkan tumbuhnya panggilan di antara orang-orang muda Katolik untuk menjadi imam yang handal, yang memiliki integritas, daya kreatifitas yang kuat serta mampu melihat ke depan secara jernih dan cerdas.

    Hari ini Kristus menawarkan diri sebagai gambaran imam yang sangat dibutuhkan oleh dunia: 'gembala yang baik'. Gembala yang baik hendaknya memiliki sikap menyerahkan diri seutuhnya seperti Kristus dalam pelayanan penggembalaan. Rela memberikan diri untuk tinggalbersama umat Allah yang digembalakannya serta mengenal mereka satu persatu dalam kasih yang sempurna.

    Gereja adalah umat Allah yang sedang berziarah menuju Bapa, bersama dengan saudara-saudara yang lain dalam bimbingan Kristus sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Kehadiran Kristus yang menggembalakan nampak dalam kehadiran para imam.

    Benar, tugas para imam memang tidak ringan. Tetapi dalam bimbingan Roh Allah sendiri, kita percaya para imam akan menggembalakan umat melalui pengajaran, sikap dan keteladanan hidup mereka. Mereka tidak bekerja sendiri, melainkan dalam kebersamaan dengan umat Allah yang lain.

    Mari berdoa kepada Tuhan agar Ia mengirim tenaga-tenaga imam yang cukup, dan berdoa bagi para imam di keuskupan kita agar mereka menjadi gembala yang baik.

    Ya Yesus, Gembala yang baik, berkatilah para imam kami agar mereka mampu menggembalakan umat-Mu dengan baik sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon