22 April 2016

Renungan Hari Minggu 24 April 2016

Renungan Hari Minggu 24 April 2016, Saling Mengasihi, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 24 April 2016


Saling Mengasihi


    Saudara-saudari yang terkasih, dalam Injil hari ini, Yesus memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi (Yoh 13:34). Perintah ini bukanlah hal yang baru bagi kita. Sebab Yesus telah mengajarkan kasih kepada kita.

    Dengan Mengasihi dapat melahirkan Dunia Baru dan Langit Baru. Dunia dan langit baru itu dapat berupa satu keadaan di mana tiada lagi kekacauan, kebencian, kerakusan, egosme, perselisihan, tuduh menuduh dan mempersalahan, menipu, memfitnah dan membusukan nama baik sesama. Melainkan satu kondisi hidup bersama di mana semua manusia saling bersaudara, hidup dalam keadaan damai dan tentram, hidup dalam suasana saling memahami dan mengerti seorang terhadap yang lain.

    Dengan saling mengasihi, Orang kristen menegaskan kekristennya yang percaya pada Kristus. Hal ini ditegaskan sendiri oleh Yesus sendiri : hendaklah kamu saling mengasihi sebab jika kamu saling mengasihi, dunia akan tahu bahwa kamu adalah murid-murid-Ku. Murid Kristus adalah dia yang meletakkan segala jejak kakinya, perkataan mulutnya, perbuatan tangannya, rasa hatinya dan bahkan segala pikirannya pada Kristus yang penuh kasih dan belas kasih, penuh cinta dan keprihatinan, adil dan benar. Dengan cara demikian, tiada lagi perkataan yang akan terlontar seperti kata Mahatma Gandhi yang telah tercatat  sekian ribu tahun dan terus tergiang.

    Hasil dari perbuatan kasih yang kita amalkan adalah kita dipermuliakan sebagaimana Kristus yang telah dipermuliakan Allah. Harga terbesar bagi mereka yang hidup dalam amanat kasih Kristus adalah dimuliakan sebagai Putera terbaik Allah, kita diselamatkan dan dibahagiakan oleh Allah.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon