Gua Maria Sendang Ratu Rosario ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

25 January 2018

Gua Maria Sendang Ratu Rosario

Gua Maria Sendang Ratu Rosario - Ds.Ngijorejo, Kec.Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta

Sejarah Singkat Gua Maria Sendang Rosario


Gua Maria Sendang Rosario terletak di Desa Ngijorejo, Kecamatan Gading, Wonosari. Gua Maria Sendang Rosario ini berada di daerah Gunung Kidul timur hutan Wanagama atau timur Bandar udara Gading. Awal mula berdirinya tempat ziarah Sendang Rosario ini berawal dari seorang bernama T. Widyana yang melihat kali Mojing memiliki air sangat jernih. Beliau ingin membuat tempat ziarah yang membawa batin menjadi segar dan jernih seperti air yang ada di sungai itu. Dahulu ada tokoh besar bernama Bapak Atmo Suparto. Ia adalah mantan sesepuh desa dan memberikan diri untuk dibaptis. Orang desa Ngijorejo percaya bahwa pembaptisan tersebut membawa pengaruh besar bagi desa mereka. pada saat itu pula banyak sekali Romo – romo yang berkarya di Wonosari untuk mengadakan Misa dan berkeliling untuk mengunjungi umat yang sakit atau yang sedang mengadakan syukuran. Suatu hari Romo Widyana berkunjung ke rumah Bapak Robertus yang tak jauh dari sungai Mojing. Romo terpesona melihat kejernihan air itu kemudan Bapak Robertus memberi saran dan inspirasi pada Romo untuk membangun sebuah tempat ziarah , maka atas semua persetujuan dari semua pihak dibangunlah tempat ziarah itu secara bergotong – royong.

Pemandangan Gua Maria Sendang Rosario yang Menyegarkan dan Fasilitasnya


Pada tanggal 11 Februari 1962 Romo Widyana memberkati dan menuangkan air ke Gua sekaligus memberi nama Sendang Rosario. Gua Maria Sendang Rosario menghadap ke arah timur bersebelahan dengan Sungai Mojing di bagian atas. Pengembangan Gua ini dilaksanakan dari tahun ke tahun. Kompleks yang cukup luas menarik pengunjung untuk berjalan – jalan menikmati suasana dan panorama Gua yang sangat indah karena lokasinya yang ada di lereng gunung sehingga peziarah bisa melihat perbukitan dan pepohonan yang rimbun. Tidak lupa bagi peziarah yang berkunjung ke Gua Maria Sendang Rosario jangan sampai melewatkan mata air sendang yang sangat jernih ini. mata air sendang tersebut terletak di belakang Gua Maria dan tepat di bawah pohon besar. Fasilitas Gua cukup baik adanya sumber mata air, kamar mandi yang bersih dan pendopo yang cukup luas untuk tempat istirahatnya para peziarah. Kekurangan prasana di Gua ini hanya tidak adanya warung makan sehingga sedikit menyulitkan peziarah mencari makan.

Fasilitas di Gua Maria Ratu Rosario lumayan baik untuk kalangan peziarah backpacker seperti kami, air sendang ada, Kamar mandi ada dan airnya segar pula, Pendopo untuk istirahat ada, tetapi ada satu yang kurang, tidak adanya warung makan.

Akses Menuju Lokasi


Untuk sampai menuju ke tempat ziarah ini tidaklah sulit. Dari jalan Yogya menuju wonosari, setelah menemukan perempatan pertama setelah hutan bunder Anda bisa mengambil jalan belok kiri mengikuti jalan utama beraspal yang lurus sampai menemukan sebuah kapel lama ngijorejo yang berbahan kayu. Dari situ Anda akan bisa menemukan petunjuk yang cukup jelas menuju ke tempat ziarah satu ini.


Kembali Ke Daftar Gua Maria Di Indonesia

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak