Renungan Hari Jumat 23 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

21 February 2018

Renungan Hari Jumat 23 Februari 2018

Renungan Hari Jumat 23 Februari 2018

Renungan Hari Jumat 23 Februari 2018

Menabur Yang Baik

Kata-kata kasar, makian dan umpatan sesungguhnya racun yang dapat mematikan hidup dan kreasi seseorang. Apalagi jika kata-kata itu sering digunakan dan didengar oleh anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan pencarian diri. Kata-kata kasar tidak mencerminkan kerahiman dan kemurahan Allah untuk memelihara sukacita dan kebahagiaan yang dirindukan setiap orang, apalagi anak-anak yang sedang bertumbuh. Oleh karena itu, undang-undang negara dewasa ini menghukum setiap orang yang melakukan kekerasan dengan kata-kata.

Bagi Yesus dalam bacaan Injil hari ini, kekerasan dengan kata-kata merupakan kekejaman yang merusak kegembiraan dan kebahagiaan hidup seseorang. Kekerasan ini melukai jiwa dan hati sehingga seseorang merasa jauh dari hidup damai dan kasih. Kekerasan dengan kata-kata itu menggelisahkan seseorang dan menghalangi pertumbuhan rohani yang baik untuk merasakan cinta dan kebaikan Allah. Sebaliknya kekerasan kata menyuburkan kebencian dan permusuhan. Karena itu Tuhan Yesus menyarankan agar segera berdamai dengan sesama jika kita sudah melakukan kekerasan dengan kata-kata, supaya doa dan persembahan kita berkenan kepada Allah.

Ada kata-kata bijak yang berbunyi, "Bila kita menabur kata-kata yang baik, kita menabur rahmat dan menuai berkat; tetapi bila kita menabur kata-kata yang buruk, kita menabur benci dan menuai peperangan". Saudara-saudari yang terkasih, mari kita taburkan kata-kata yang baik kepada setiap orang, agar hidup ini menjadi lebih baik. Dan untuk itu marilah kita berdoa dan memohon bimbingan Roh Kudus agar kita senantiasa dimampukan.

Tuhan, mampukanlah aku untuk menabur damai dan kasih lewat kata-kata yang aku ucapkan setiap hari. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak