Renungan Hari Kamis 15 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

13 February 2018

Renungan Hari Kamis 15 Februari 2018


Renungan Hari Kamis 15 Februari 2018
Renungan Hari Kamis 15 Februari 2018

Bahagia Dan Tenang

Kebahagiaan dan ketenangan jiwa, Inilah yang dicari oleh semua orang yang hidup. Meskipun demikian, banyak orang menjadi bingung apa ukuran kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Apakah ukurannya adalah harta benda, jaminan hidup, kesuksesan? Ada sebuah cerita tentang seorang kaya yang bercakap-cakap dengan seorang yang hanya duduk memancing ikan. Si kaya bertanya dengan heran mengapa si pemancing ikan itu tidak membeli jaring supaya tangkapannya lebih banyak. Si pemancing bertanya, untuk apa? Si kaya menjawab, supaya memperoleh uang lebih banyak. Si pemancing kemudian bertanya, uang banyak untuk apa? Si kaya menjawab, untuk membeli perahu, kemudian membeli kapal yang lebih besar. Si pemancing bertanya lagi, untuk apa? Si kaya menjawab, supaya memperoleh uang lebih banyak. Si pemancing bertanya lagi, uang banyak untuk apa? Si kaya menjawab, untuk menikmati hidup. Kemudian si pemancing menjawab dengan tenang, "memangnya saya kelihatan tidak menikmati hidup, bapak sendiri mengapa di sini?"

Kabahagiaan dan ketenangan jiwa bernilai lebih berharga dari segala benda, tidak dapat dibeli. Kebahagiaan dan ketenangan jiwa hanya dapat diperoleh ketika orang melihat segala sesuatu sebagai berkat melimpah dari Tuhan. Meskipun orang ini menerima sedikit, rasa syukur memenuhi jiwanya. Sebaliknya, jika orang melihat segala sesuatu adalah usahanya, yang terjadi ialah ia takut kehilangan atau berbagi apa yang susah payah didapatkannya. Akhirnya, ia tidak pernah puas.

Injil hari ini mengingatkan kita bahwa sekalipun memiliki seluruh dunia tetapi jika kita kehilangan diri kita, hidup kita, sia-sialah semuanya. KIta perlu melihat segala sesuatu (beban sekalipun) sebagai karunia Tuhan. Semua itu menjadi indah ketika kita menjalaninya bersama Tuhan. Klise memang, tetapi nyatanya orang dapat memperoleh kebahagiaan dan ketenangan jiwa ketika ia semakin menyadari kehadiran Tuhan dalam hidupnya. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak