Renungan Hari Minggu 18 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

16 February 2018

Renungan Hari Minggu 18 Februari 2018

Renungan Hari Minggu 18 Februari 2018

Renungan Hari Minggu 18 Februari 2018

Waktunya Telah Genap

Yesus memulai karya pewartaan-Nya dengan 'memberi diri' dibaptis oleh Yohanes Pembaptis; suatu sikap rendah hati yang sempurna. Dalam peristiwa itulah Roh Allah menaungi-Nya dan pada saat yang sama Bapa memperkenalkan Dia sebagai 'Putera yang terkasih yang berkenan kepada-Nya'. Roh itulah yang memimpin Yesus masuk padang gurun untuk berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam.

Yesus berpuasa untuk mengalami pengalaman manusiawi kita yakni, lapar dan haus. Orang yang lapar dan haus akan mencari air dan makan sebagai sumber hidupnya. Empat puluh hari empat puluh malam tidak makan dan minum akan membuat orang 'sangat' haus dan lapar. Jika dia menemukan air dan makanan, akan segera diambilnya. Apakah Yesus demikian? Tidak.

Rasa lapar dan haus badani-Nya diubah dengan rasa lapar dan haus akan Allah, sumber keselamatan bagi semua orang. Hanya mereka yang lapar dan haus akan Allah, akan mampu memahami sabda Yesus, "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Yesus mengajak seluruh manusia untuk memasuki 'waktu' Allah dan meninggalkan waktu manusia. Waktu Allah adalah menjadikan hidup kita 'berkenan' pada Bapa.

Masa prapaaskah adalah masa dimana kita semua membangun hidup dengan 'lapar dan haus' akan Allah. Mengubah keinginan badani kita menjadi keinginan jiwa kita bertemu dengan Allah dalam diri Yesus Kristus.

Marilah kita mengendalikan keinginan-keinginan manusiawi kita dan mengubahnya menjadi keinginan akan Allah; rendah hati, memberi diri kepada Allah dalam doa dan laku tapa. Roh Allah akan menyertai kita semua.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak