Renungan Hari Rabu 21 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

19 February 2018

Renungan Hari Rabu 21 Februari 2018

Renungan Hari Rabu 21 Februari 2018

Renungan Hari Rabu 21 Februari 2018
Lebih Dari Yunus

Nabi adalah orang yang mendapat perutusan dari Allah untuk menyampaikan pesan-Nya kepada yang dikehendaki-Nya. Yunus, salah satu nabi dalam Perjanjian Lama, adalah nabi yang memiliki tugas untuk menyampaikan kehendak atau maksud Allah kepada orang-orang di Niniwe, daerah orang-orang bukan Yahudi.

Yesus, pada bacaan Injil hari ini, menyebutkan nabi Yunus sebagai tanda dari Allah. Pewartaan Yunus memperlihatkan bahwa Allah menghendaki bahwa kuasa-Nya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi (dalam hal ini perlu diketahui bahwa bagi orang Yahudi zaman itu, keselamatan hanya dianugerahkan untuk orang Yahudi, maka Allah hanya untuk Allah orang Yahudi saja). Gahkan pewartaan Yunus menggerakkan orang-orang Niniwe untuk melakukan pertobatan.

Kehadiran dan pewartaan Yunus, bagi Yesus, sudah cukup untuk menunjukkan tanda dari teguran Allah. Oleh sebab itu, Yesus memperingatkan orang-orang sezaman-Nya bahwa kepada mereka tidak akan diberikan selain tanda nabi Yunus (Luk 11:29). Yesus menegaskan bahwa Dia sendirilah tanda dari Allah. Allah yang Maharahim dan Mahapengasih berkenan menyatakan diri-Nya kepada manusia.

Yesus jauh lebih besar dari Yunus. Peran dan karya Yunus berkisar pada waktu dan tempat tertentu, sedangkan sabda dan karya Yesus untuk segala tempat, segala masa, segala bangsa, lestari selamanya demi perobatan dan keselamatan. Sejauh mana aku menanggapi seruan Yesus? Mari bermenung!

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak