Renungan Hari Sabtu 17 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

15 February 2018

Renungan Hari Sabtu 17 Februari 2018

Renungan Hari Sabtu 17 Februari 2018

Renungan Hari Sabtu 17 Februari 2018

Dosa Itu Bukan Kreatifitas

Ketika saya sedang membantu umat untuk mempersiapkan perayaan malam Natal, ada seorang umat yang mengaku bahwa ia enggan menerima sakramen tobat. Ia mengatakan demikian, "Duh, frater, dosa saya itu sama terus. Saya malas jadinya untuk mengaku dosa." Mendengar pengakuan umat itu saya langsung teringat dengan jargn dosen teologi moral, "Dosa kok kreatif?" Maksud jargon dosen tersebut adalah dosa itu bukan prestasi atau pencapaian. Dosa tidak memerlukan kreatifitas dan inovasi. Dosa itu bukan diperbanyak tetapi harus selalu diperkecil, kalau bisa dihilangkan. Dosa membutuhkan satu usaha manusia, yaitu pertobatan (rekonsiliasi). Jadi, gak usah kreatiflah dalam membuat dosa.

Si Lewi tahu bahwa dirinya masuk dalam golongan si pendosa yang mungkin terlalu kreatif untuk memeras uang rakyat Yahudi dengan dalih membayar pajak atau cukai untuk Kaisar Roma. Maka, seperti kerbau yang asik mandi di kolam berlumpur, Lewi pun enggan untuk beranjak dari "kolam lumpur dosa". Tidak mudah untuk membayangkan atau menyaksikan sendiri seseorang yangyang sudah terlanjur hidup dalam "kegelapan" tiba-tiba berubah seratus persen menjadi orang yang baik, suci, dan relegius. Apakah Lewi dengan usahanya sendiri sungguh-sungguh mau bertobat? Adakah bantuan Ilahi yang membuat Lewi mau bertobat?

Para pembaca yang terkasih, kita harus sadar bahwa dosa sangat memerlukan pertobatan. Setinggi-tinggi status atau pangkat kita, sekaya-kayanya kita, secantik-cantiknya atau setampan-tampannya kita, kalau masih suka tinggal dalam "kolam lumpur dosa" kita tidak bisa memiliki sukacita, kebahagiaan, dan kedamaian sejati. Hati akan selalu gelisah, takut, dan pesimis. Pertobatan memerlukan jawaban dan keterbukaan manusia untuk menerima rahmat pengampunan Allah yang cuma-cuma. Tetapi ingat, Allah punya banyak cara agar kita tidak kreatif dalam berdosa. Mari bertobat!

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak