Renungan Hari Selasa 6 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

04 February 2018

Renungan Hari Selasa 6 Februari 2018

Renungan Hari Selasa 6 Februari 2018

Renungan Hari Selasa 6 Februari 2018

Mengerti dari Hati

Ajeng hidup di dalam sebuah keluarga yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat, namun Ajeng sendiri tidak mengerti, tidak tahu dan tidak mau tahu tujuan dari adat istiadat itu, satu contoh waktu Ajeng bersiul di sore hari tiba-tiba neneknya menegur dia. Ajeng tidak mengerti mengapa dia ditegur lalu ia bertanya kepada neneknya mengapa hal itu dilarang tapi neneknya menjawab dengan pernyataan yang tidak masuk akal bagi Ajeng yang adalah seorang gadis terpelajar. Neneknya tidak bisa menjelaskan dengan baik kepada Ajeng sehingga adat istiadat itu menjadi tidak masuk akal bagi generasi jaman now.

Injil hari ini mengatakan: orang-orang Farisi yang protes kepada beberapa murid Yesus yang tidak patuh pada adat istiadat dengan tidak mencuci tangan sebelum makan, menandakan bahwa mereka tidak mengerti maksud dan tujuan dari adat istiadat tersebut karena tidak menghayatinya dalam hati. Mereka tahu bahkan hafal semua hukum dan adat istiadat namun tidak satupun dapat mereka hayati dalam hati. Maka, orang-orang Farisi oleh Yesus disebut sebagai orang-orang munafik karena mengabaikan perintah Allah untuk berpegang pada adat istiadat yang dibuat manusia.

Hendaknya kita tidak munafik seperti orang-orang Farisi yang mengenal hukum dan adat istiadat namun tidak mengerti maksud dan tujuannya, karena tidak menghayati dalam hati. Marilah kita sebagai orang beriman menghayati peraturan, tradisi, adat istiadat, dan sebagainya itu dari dalam hati. Hanya dengan demikian kita dapat mengerti maksud dan tujuan hal tersebut secara baik, sehingga kita tidak disebut orang munafik.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak