Renungan Hari Senin 12 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

10 February 2018

Renungan Hari Senin 12 Februari 2018


Renungan Hari Senin 12 Februari 2018
Renungan Hari Senin 12 Februari 2018

Yesus Tanda Agung

Dalam Kitab Suci, tanda digunakan untuk menunjuk sesuatu yang mempunyai arti khas yang menandai karya keselamatan Allah bagi umat manusia.Misalnya hari Sabat dan sunat sebagai tanda perjanjian, Yesus dan kemudian para rasul-Nya melakukan perbuatan-perbuatan ajaib, seperti menyembuhkan orang-orang sakit, mengusir setan, dan lain sebagainya menandakan kerajaan Allah sudah dekat.

Dalam Injil hari ini, orang-orang Farisi bersoal jawab dengn Yesus. Mereka yang tidak percaya mencobai Yesus dengan meminta suatu tanda dari surga. Atas tuntutan orang-orang Farisi ini Yesus mengeluh dalam hati-Nya dan berkata, "Mengapa angkatan ini meminta tanda? ...., sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." Perkataan Yesus ini merupakan ungkapan kekecewaan-Nya terhadap orang-orang Farisi yang tidak percaya dan meminta tanda dari surga hanya untuk mencobai-Nya. Orang-orang Farisi tidak mampu melihat bahwa Yesuslah dari surga itu sendiri. Mereka telah menutup hati untuk tidak percaya kepada Yesus. Karena ketertutupan hati inilah Tuhan Yesus tidak mau memberi tanda apa pun kepada mereka.

Saudara sekalian, bagi iman Katolik, Yesus adalah tanda kehadiran kerajaan Allah yang konkrit di dunia ini. Ia menjadi tanda karena pernbuatan-Nya yang sesuai dengan kehendak Allah. Ia penuh belas kasih terhadap orang miskin, cacat, papa, dan menderita. Ia memberi kelegaan dan harapan bagi mereka yang tidak memiliki harapan. Hanya dengan hikmat dari Allah kita mampu melihat Yesus sebagai tanda agung kehadiran Allah di dunia ini. Untuk itu kita mohon hikmat dari Allah dalam iman yang benar . Seraya meminta hikmat, hendaknya kita merenungkan "apakah kita percaya dengan sungguh-sungguh bahwa Yesus adalah tanda agung kerajaan Allah? Atau, apakah kita seperti orang-orang Farisi yang tidak percaya dan meminta tanda lain dari surga?"

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak