Renungan Hari Senin 19 Februari 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

17 February 2018

Renungan Hari Senin 19 Februari 2018

Renungan Hari Senin 19 Februari 2018

Renungan Hari Senin 19 Februari 2018

Peduli Pada Sesama

Rasa jengkel, benci, dan iri hati sering mendatangi manusia. Rasa ini bisa jadi muncul apabila berhadapan dengan situasi yang berhadapan dengan diri kita sendiri. Misalnya, kita iri dengan tetangga yang membeli sepeda motor, mobil baru atau tetangga yang mempunyai rumah baru. Rasa ini muncul karena kita kurang mensyukuri anugerah Tuhan yang selalu kita terima. Perasaan manusiawi ini seringkali menghadang kita untuk menyadari dan mengenali Tuhan yang hadir dalam setiap perjalanan hidup kita, termasuk dalam diri sesama di sekitar kita.

Saudara-saudari yang terkasih, dalam bacaan Injil hari ini Yesus mengidentifikasikan diri-Nya dengan orang-orang yang dipandang remeh dan dikucilkan oleh masyarakat : orang di penjara, orang asing, orang sakit, orang kelaparan dan kehausan. Yesus yang adalah Putera Allah telah merendahkan diri menjadi seperti manusia, secara khusus dalam diri orang-orang yang terpinggirkan. Melalui bacaan Injil hari ini Yesus mengajarkan bahwa "segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukan untuk Aku (Mat 25:40). Maka, sebagai pengikut Kristus kita dipanggil untuk memiliki kepedulian terhadap orang-orang yang ada di sekitar kita, secara khusus mereka yang kurang mendapat perhatian dari masyarakat. Beranikan kita untuk melakukan dan mempraktekkan ajaran Yesus ini dalam hidup kita? Mari kita mengisi masa prapaskah (pertobatan) ini dengan berbuat baik dan peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitar kita.

Ya Yesus, terimakasih atas teladan yang Engkau berikan kepadaku. Ajarilah aku untuk berani keluar dari zona nyamanku dan peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitarku. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak