Renungan Hari Rabu 21 Maret 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

18 March 2018

Renungan Hari Rabu 21 Maret 2018

Renungan Hari Rabu 21 Maret 2018

Renungan Hari Rabu 21 Maret 2018

Kebenaran Dan Merdeka

Di dalam Injil hari ini, ada dua hal yang menarik untuk kita renungkan. Keduanya adalah kata 'kebenaran dan merdeka'. 'Kebenaran' ini mau menunjuk pada pewahyuan Allah dalam diri Kristus. Sedangkan 'merdeka' dalam hukum Yahudi adalah bebas dari beban kerajaan.

Injil Yohanes ingin menekankan arti kata kemerdekaan ini. Kemerdekaan yang dimaksud adalah keselamatan dan hidup kekal yang Kristus janjikan kepada kita. Tetapi, Yesus mengingatkan kepada kita bahwa dosalah yang telah mengubah kita menjadi hamba dosa. Padahal Allah telah memerdekakan kita dan mengangkat kita menjadi anak-Nya. Namun manusia sendiri yang memilih untuk menjadi 'hamba' dosa.

Tuhan Yesus menjadikan kita sebagai anak-anak Allah. Bagaimanakah kita dapat menghayati? Kita bukan lagi pekerja yang membutuhkan upah. Mestinya kita bekerja demi kerajaan-Nya. Seperti kesaksian Santo paulus: "Upahku ialah ini; bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah' (Bdk 1 Kor 9:18). Mari kita menjadi orang-orang yang merdeka yang menampakkan kebenaran 'pewahyuan Allah'.

Tuhan, utuslah Roh-Mu untuk membimbingku, supaya aku sungguh menjadi orang yang merdeka. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak