Renungan Hari Sabtu 24 Maret 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

21 March 2018

Renungan Hari Sabtu 24 Maret 2018


Renungan Hari Sabtu 24 Maret 2018

Kabar Sukacita

Hari ini Gereja merayakan hari raya kabar sukacita. Perayaan ini ingin mengingatkan kita pada seorang wanita yang memiliki iman yang teguh. Wanita ini adalah Santa Maria Bunda Yesus. Maria diberi kabar oleh malaikat Allah bahwa Ia akan mengandung Tuhan Yesus. Awalnya, Maria mengalami pergulatan batin, sebab Maria belum bersuami. Pada zaman Maria, seorang wanita yang diketahui berzinah akan dijatuhi hukuman.

Perlahan-lahan Maria menyadari bahwa Allahlah yang sungguh meminta persembahan dalam dirinya. Yaitu, penyerahan diri sepenuhnya secara total kepada Bapa. Iman Maria begitu besar, ketaatannya kepada Bapa begitu kentara melalui jawabannya: "Aku ini hamba Tuhan, terjadilah pada ku menurut perkataan-Mu itu" (Luk 1:38). Bunda Maria memberi teladan dengan kesiapsediaannya menjadi 'Tabernakel' Kristus. Ia rela menjadi tempat tinggal Kristus dan siap menerima segala konsekuensinya.

Seminggu sekali bahkan setiap hari kita merayakan Ekaristi. Di dalam Ekaristi kita menerima Tubuh dan Darah Kristus. Ekaristi telah menyatukan kita dengan pribadi Kristus. Saat Ekaristi, imam memberi perutusan pada akhir perayaan misa yaitu; "marilah kita pergi, kita diutus." Ini mau mengatakan bahwa setelah perayaan Ekaristi kita tetap dituntut untuk membagikan warta suka cita Injil kepada semua orang.

Kita sudah menerima Kristus, harapannya bahwa kasih itu dapat dirasakan oleh semua orang. Di dalam perayaan kabar sukacita ini, kita telah diteguhkan oleh iman Maria untuk menjadi Bunda penyelamat dan sukacita semua orang. Maria telah siap sedia menjadi tempat tinggal Kristus sang penyelamat dunia. Sekarang, apakah kita juga siap menjadi tempat tinggal-Nya?

Tuhan, semoga Roh-Mu selalu membimbingku agar aku selalu siap mendengar sabda-Mu dan siap menjadi pewarta sukacita Injil-Mu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak