Renungan Hari Selasa 3 April 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

31 March 2018

Renungan Hari Selasa 3 April 2018

Renungan Hari Selasa 3 April 2018

Renungan Hari Selasa 3 April 2018

Maria Magdalena

Dalam hidup sehari-hari, kita memiliki kebutuhan untuk berelasi dengan sesama kita dan relasi itu dapat kita bangun dengan mudah. Relasi itu terbangun ketika ada interaksi atau komunikasi antara kedua belah pihak. Meskipun hanya sekedar menyapa, sudah ada relasi yang terjalin. Tentu relasi yang terbangun baru terbatas fisik atau permukaan, bukan suatu relasi yang mendalam. Relasi yang mendalam dapat dibangun dengan adanya keterbukaan untuk mengenal dan dikenal luar dan dalam.

Kisah Maria Magdalena menunjukkan situasi kedalaman relasi. Mulanya ia tidak mengenali Yesus dan mengira Yesus Yesus adalah penjaga taman. Kedalaman relasi itu nampak ketika Maria Magdalena manyadari kehadiran Yesus setelah Yesus menyapanya dengan kata "Maria". Reaksi Maria Magdalena dengan mengatakan "Rabuni" menjadi tanda relasi yang mendalam yang ia bangun dengan Yesus. Relasi itu terjadi karena Maria mau mengenal Yesus sepenuh hati sebagai seorang murid kepada Guru-Nya sehingga suara atau sapaan Yesus begitu ia kenal.

Maria Magdalena memberi teladan kepada kita bahwa relasi yang mendalam atau intim dengan Allah membantu kita untuk peka akan sapaan dan suara-Nya. Suara Tuhan senantiasa menyapa kita. Namun, suara itu tak jarang tertutup oleh"Suara-suara dunia" yang lebih menggoda kita. Maka, untuk semakin mempertajam kepekaan kita akan suara-Nya, kita perlu semakin membangun relasi mendalam dengan-Nya dengan mengasah dan memperdalam hidup rohani kita.

Tuhan yang penuh kasih, bantulah aku untuk semakin peka akan suara-Mu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak