Renungan Hari Senin 19 Maret 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

16 March 2018

Renungan Hari Senin 19 Maret 2018

Renungan Hari Senin 19 Maret 2018

Renungan Hari Senin 19 Maret 2018

Teladan Santo Yusuf

Sri Paus Pius IX, pada tanggal 8 Desember 1870 menetapkan Yusuf sebagai pelindung Gereja Universal. Dalam litani Santo Yusuf, Yusuf dilukiskan sebagai pelindung bagi para buruh/karyawan, keluarga, para perawan, orang-orang sakit dan orang-orang yang telah meninggal. Ia juga dihormati sebagai tokoh doa dan kehidupan rohani, pelindung para fakir miskin, para penguasa, bapa-bapa keluarga, imam-imam dan kaum religius serta pelindung para ziarah.

Melalui Injil hari ini, Santo Yusuf telah menunjukkan teladan ketaatannya kepada Bapa, sebelumnya ia sempat menceraikan Maria, karena ia mengandung secara ajaib dan tidak dapat ditangkap oleh pikiran manusia. Tetapi setelah Yusuf mendapat penerangan melalui seorang Malaikat yang memberitahu bahwa anak yang ada di dalam rahim Maria sesungguhnya berasal dari Roh Kudus, maka Yusuf pun tanpa ragu-ragu mengambil Maria sebagai isterinya dan mulai tinggal serumah. Maka dapat kita lihat bahwa Santo Yusuf adalah orang yang saleh dan tulus serta selalu melibatkan Tuhan dalam mengatasi segala persoalan. Walaupun ia dihadapkan pada permasalahan yang dilematis sekalipun.

Melalui teladan Santo Yusuf kita dapat belajar menjadi orang yang saleh juga tulus. Khususnya bagi para kepala keluarga yang bisa meneladan kebijaksanaannya dalam menghadapi segala persoalan dengan melibatkan Tuhan. Maka marilah kita meneladan Santo Yusuf dan selalu melibatkan Tuhan dalam segala persoalan hidup kita.

Ya Tuhan, berilah aku kemampuan untuk menjadi orang yang saleh juga tulus serta selalu mengandalkan-Mu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak