Renungan Hari Minggu 15 April 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

12 April 2018

Renungan Hari Minggu 15 April 2018

Renungan Hari Minggu 15 April 2018

Renungan Hari Minggu 15 April 2018

Mencintai Yesus

Dalam istilah bahasa Jawa ada ungkapan "Witing tresna jalaran saka kulina" yang mempunyai arti "cinta tumbuh karena terbiasa". Istilah ini ingin menyampaikan makna kepada kita bahwa dapat mencintai seseorang atau sesuatu bila kita terbiasa berkontak dengannya. Ketika cinta sudah tumbuh maka rasanya berat apabila kita terpisah dengannya. Situasi seperti itu juga sama dengan situasi hati para murid yang ditinggalkan oleh sang Guru. Mereka terbiasa dengan-Nya, mencintai-Nya sehingga begitu sedih ketika ditinggalkan oleh Yesus. Tetapi kisah penampakan Yesus dalam Injil hari ini menunjukkan bahwa cinta mereka kepada yesus diguncang oleh keraguan dalam hati mereka.

Keraguan para murid akan kehadiran Yesus yang telah bangkit timbul karena mereka rupanya kurang terbiasa akan rahasia keilahian Yesus. Mereka tidak sungguh mengenal Yesus sebagai Yang Ilahi sehingga yakin bahwa Ia meninggalkan mereka begitu saja. Dalam kehidupan kita, keraguan akan kuasa keilahian Yesus mungkin juga ada dalam diri kita. Bisa jadi, sesungguhnya kita masih setengah-setengah percaya. Itu membuat kita merasa jauh dari Dia dan malah mencari hal-hal yang menenangkan hati tapi justru kurang berkenan di mata Tuhan.

Mari kita menggemakan sabda-Nya, "Damai sejahtera bagi kamu ... Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? ... Aku sendirilah ini." Mari kita mohon iman yang teguh supaya tidak hanya beriman dengan setengah hati dan hidup kita menghasilkan buah-buah iman yang nyata setiap hari.

Ya Yesusku ajarilah aku percaya kepada-Mu dengan sepenuh hati, supaya dengan sepenuh hati pula aku mencintai Engkau dan penuh pengharapan akan Dikau. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak