Renungan Hari Jumat 1 Juni 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

29 May 2018

Renungan Hari Jumat 1 Juni 2018

Renungan Hari Jumat 1 Juni 2018

Renungan Hari Jumat 1 Juni 2018

Doa = Relasi Dengan Allah

Sejak kecil kita sudah mengetahui bagaimana cara berdoa. Tentu kita tidak tahu dengan sendirinya. Ada banyak orang yang membantu kita memperkenalkan hidup doa, misalnya orangtua, guru di sekolah, pembimbing sekolah minggu, Romo, Suster, Bruder, dan masih banyak lagi.

Ada banyak kesempatan untuk berdoa. Misalnya dalam kegiatan doa lingkungan dan dalam berbagai macam perayaan rohani di Gereja. Dalam konteks ini, doa dilakukan secara bersama-sama dan membentuk suatu komunitas. Bahaya yang dapat muncul dalam hal ini adalah dapat saja doa dipandang hanya sebagai rutinitas belaka. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah hanya supaya dilihat oleh orang lain sehingga kita menjadi sering hadir dalam berbagai macam kegiatan doa.

Padahal hakekat doa jauh lebih tinggi daripada itu. Doa adalah suatu relasi pribadi dengan Allah. Bukan pertama-tama sebagai kelompok tetapi sungguh-sungguh sebagai suatu relasi pribadi. Jika doa hanya dipandang seperti contoh di atas, maka yang terjadi pada diri kita adalah kondisi diri yang penuh dengan kebohongan, kemunafikan, dan fiktif belaka. Dan Rumah Allah yang adalah diri kita tidak lagi disebut sebagai rumah doa, tetapi sebagai sarang penyamun. Marilah kita menjalin relasi yang lebih mendalam dengan Allah melalui doa yang kemudian kita wujudkan dalam hidup harian kita.

Semoga aku dapat berlaku jujur di hadapan-Mu ya Tuhan dalam upayaku untuk mendekatkan diri kepada-Mu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak