Renungan Hari Jumat 18 Mei 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

15 May 2018

Renungan Hari Jumat 18 Mei 2018

Renungan Hari Jumat 18 Mei 2018

Renungan Hari Jumat 18 Mei 2018

Cinta Yang Tulus

Orang selalu mengharapkan sebuah cinta yang tulus. Tidak ingin cinta yang setengah-setengah atau cinta yang pura-pura. Begitu juga Yesus yang ditunjukkan pada Injil hari ini. Di dalam Injil, Yesus bertanya kepada Petrus sebanyak tiga kali. Di sana Yesus ingin menguji ketulusan cinta Petrus terhadap diri-Nya. Dalam teks, kita tidak melihat perbedaan kata "cinta" yang dipakai Yesus dalam pertanyaan kepada Petrus dan kata "cinta" dalam jawaban Petrus.

Sebenarnya dalam percakapan itu, Yesus menanyakan kepada Petrus dengan kata cinta dalam arti "agape", yang mau mengungkapkan cinta yang tanpa batas, tidak bersyarat, tidak mementingkan diri, tidak pernah egois, bersifat total. Menurut Paus Benediktus, agape, "mengacu kepada kasih yang rela berkorban" (bdk. DCe. 7) dan seringkali diidentikan dengan cinta Allah sendiri.

Petrus tahu bahwa itu tidak mudah, maka Petrus selalu menjawab dengan cinta "philia", cinta persahabatan, saling memberi dan menerima, tetapi kadang bersyarat, mengasihi bila dikasihi. Tampaknya cinta ini sangat manusiawi. Yesus memahami bahwa cinta Petrua tidak akan sebesar cinta-Nya, maka pada pertanyaan ke tiga Yesus menurunkan dari cinta agape kepada philia. Cinta kita memang tidak akan sebesar cinta Yesus, namun kita dituntut untuk secara total dalam mencintai Allah dan sesama.

Tuhan, ajarilah aku mencintai Engkau dengan tulus hati dan ikhlas. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak