Renungan Hari Jumat 4 Mei 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

01 May 2018

Renungan Hari Jumat 4 Mei 2018

Renungan Hari Jumat 4 Mei 2018

Renungan Hari Jumat 4 Mei 2018

Saling Mengasihi

Pengalaman mengasihi dan dikasihi adalah pengalaman yang membahagiakan. Pengalaman dikasihi mestinya juga membuat orang mampu mengasihi. Dan pada dasarnya setiap orang sudah mendapat kasih yang berlimpah dan tak bersyarat dari Allah. Hanya saja ada cukup banyak orang yang tidak peka akan kasih Allah itu, atau tanpa sadar menolaknya dan mencari kasih-kasih semu.

Hari ini Yesus memberi perintah supaya kita saling mengasihi seperti Yesus telah mengasihi kta. Jadi jelas bahwa hidup di dunia harus membawa dan membagikan kasih seperti Yesus berikan pada kita, yakni kasih yang melimpah dan universal, yang menuntut kerelaan untuk berkorban. Bukankah Kristus telah rela menderita dan wafat secara hina demi keselamatan kita? Maka sebaiknya kita sadar, Kristus telah lebih dahulu mencintai dan membayar lunas dosa kita. Oleh karena itu, mari kita melakukan karya, perbuatan baik atau praktek keagamaan secara tulus dan gembira, bukan untuk mencari keuntungan pribadi, balasan kebaikan dari sesama atau bahkan dari Tuhan, tetapi karena kasih Allah telah menggerakkan kita.

Kita tahu bahwa perbuatan kasih yang sejati memiliki dua dimensi yaiu kasih kepada Allah dan kepada sesama. Tidak mungkin kita mengungkapkan kasih kita hanya secara spiritual -ritual dan kurang berbuat kasih pada sesama. Perbuatan kasih nyata, kendati sederhana, perlu terus dilatih, misalnya memberi sumbangan pada orang miskin, memberi tumpangan, mengunjungi orang sakit, menghibur yang berduka, hingga mendoakan musuh dan mengasihi orang yang membenci kita. Inilah yang membuat kita makin dikenal sebagai murid-murid Kristus. Jika kita murid-murid Kristus, maka kita akan menuruti perintah-Nya dan jika kita menuruti perintah-Nya kita akan tinggal di dalam kasih-Nya.

Ya Tuhan bantu aku untuk mampu mengasihi sesamaku dengan tulus. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak