Renungan Hari Minggu 13 Mei 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

10 May 2018

Renungan Hari Minggu 13 Mei 2018

Renungan Hari Minggu 13 Mei 2018

Renungan Hari Minggu 13 Mei 2018

Teladan Santo Santa

Kita pasti mengenal tokoh-tokoh kudus zaman dulu. Mulai dari lingkungan umat biasa, St. Cicilia, St. Lusia, St. Valerius, sampai seorang Paus seperti St. Clemens, St. Sixtus, dsb. Mereka telah memberikan teladan luar biasa dalam menguduskan diri lewat kesetiaan iman yang total dan radikal kepada Tuhan. Bahkan ada orang kudus yang berani mengorbankan nyawanya demi imannya. Hal sebaliknya cukup mudah kita jumpai di zaman ini.Orang tidak setia dengan imannya demi kekuasaan atau kekayaan.

Jika ditanya apakah kita mau menjadi orang kudus, hidup mulia di surga. Tentu semuanya mau. Tak ada seorang pun yang ingin mengalami hidup kekal di neraka. Jika demikian, dengan selalu memohon bantuan rahmat Allah sendiri, kita mesti terus bertekun dalam usaha kita menjadi orang kudus. Kita mesti bertekun dalam hidup rohani, dalam mengembangkan semangat mengasihi dan mengampuni, dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

Dikatakan dalam Injil hari ini bahwa Tuhan Yesus berdoa kepada Bapa agar manusia tidak jatuh dalam dosa dan hidup bersatu dengan Bapa. Inilah kekudusan, hidup bersatu dengan-Nya. Tuhan Yesus berdoa bagi kekudusan kita dan menyampaikan firman-firman-Nya untuk kita hidupi agar kita semakin dekat dengan Bapa-Nya sumber kebahagiaan sejati. Kebahagiaan itu bukan berarti hidup tanpa penderitaan, tapi mengalami Allah yang hadir dan mengasihi kita. Maka tidak jarang kita membaca kisah para martir yang tampak tabah dan bahagia walaupun disiksa dan kemudian dihukum mati karena iman mereka. Padahal mereka bisa saja menyangkal Kristus dan hidup seturut tawaran duniawi yang menggiurkan.

Maka saudara-saudari terkasih marilah kita belajar dari para santo-santa yang berusaha menguduskan diri lewat pengorbanan diri mereka pada Tuhan. Kita pun bisa menjadi santo-santa zaman ini dengan melakukan kebaikan yang konkrit meskipun dalam hal yang kecil. Yesus ingin kita menjadi orang yang kudus maka jangan berhenti mengejar kekudusan dalam hidup kita. Tuhan memberkati.

Tuhan terima kasih atas segala firman yang boleh aku terima setiap hari semoga aku mampu melaksanakan-Nya dan mengejar kekudusan demi nama-Mu. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak