Renungan Hari Minggu 3 Juni 2018 ~ Santo Katolik Dot Com

Santo Katolik Dot Com

sejarah dan nama santo santa katolik

31 May 2018

Renungan Hari Minggu 3 Juni 2018

Renungan Hari Minggu 3 Juni 2018

Renungan Hari Minggu 3 Juni 2018

Tubuh dan Darah Kristus

Sebagai umat Katolik, kita tentu percaya bahwa roti dan anggur yang kita sambut dalam perayaan Ekaristi adalah Tubuh dan Darah Kristus sendiri. Hal ini terjadi setelah roti dan anggur itu dikuduskan melalui Doa Syukur Agung. Perubahan roti dan anggur menjadi Tubuh dan darah Kristus ini kemudian dikenal dengan istilah Transubstansiasi.

Santo Paulus mengartikan Tubuh dan Darah Kristus secara ganda. Pertama adalah roti perjamuan sebagaimana dikatakan oleh Yesus sendiri: "Inilah Tubuh-Ku." Lalu yang kedua adalah Gereja. Maksud kata Gereja di sini adalah umat Allah, seperti yang dikatakan dalam suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus; "Kamu semua adalah Tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggota-Nya." (bdk. 1Kor 12:27).

Arti yang kedua menurut St. Paulus ini kemudian dikenal dengan istilah 'Tubuh Mistik Kristus'. Yakni Kristus yang ada di dalam diri kita. Secara sederhana, kita semua disebut sebagai Tubuh Kristus karena Tubuh dan Darah-Nya yang kita sambut dalam ekaristi. Maka sudah semestinya hidup kita menjadi Ekaristi yang terus-menerus. Menjadi hidup yang dihidupi oleh semangat Kristus sendiri. Sehingga dimanapun kita di tempatkan dan dalam posisi apapun kita dapat semakin berbuah berkat Roh Kristus yang ada di dalam diri kita.

Tinggallah di dalam diriku ya Kristus Sang Gembala Agung dan jadikanlah hatiku seperti hati-Mu yang lembut dan rendah hati. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak